Menjadi Pribadi Qur’ani

Menjadi Pribadi Qur ani membentuk generasi Rabbani
Ada syair Arab yg pernah saya dengar dari salah satu dosen di universitas Al iman yaman…
” Al – Ummu Madrosatul Ula idza a’ dadtaha A’ dadta sya’ban thoyyibal A’ roq ”
( Ibu adalah sekolah pertama bagi anak2nya..bila engkau persiapkan mrk dg baik maka sesungguhnya engkau telah mempersiapkan generasi yg baik dan kuat ).
Mengapa seorang ibu disebut sebagai madrasah yg pertama? Karena ibu adalah orang yang pertama mampu berbagi nafas dan darah selama 9 bulan dg sang bayi. Selama itu pula sang ibu berusaha untuk selalu kuat ..sabar..dan mengorbankan seluruh hidupnya u keselamatan bayi yg dikandungnya dengan izin Allah…bahkan dalam keadaan payah yg bertambah payah pun masih sempat u memanjatkan doa2 yg terbaik u anak2nya. Saat rasa sakit kontraksi datang sebagai tanda dekat dg kelahiran bayi…sang ibu masih menyempatkan untuk membaca Qur an demi mengalihkan rasa sakit yg luar biasa sakitnya….
Bagaimana ya rasa sakit kontraksi itu? Maa Syaa Allah sakitnya ada diseluruh tubuh ..jika kita disuruh memilih sakit gigi ato sakit kontraksi..maka pilihannya sakit gigi saja…
Nah ….ternyata membaca Al  qur an ato murojaah bisa mengurangi rasa sakit saat kontraksi…inilah kehebatan Al qur an dan kebenaran Al qur an …bahkan sangat2 membantu mempercepat kontraksi dan memudahkan kelahiran dg normal…
Ayo bagi ibu2 hamil yg sdg menunggu kelahiran buah hatinya boleh dicoba..begitu datang mules tanda mau melahirkan langsung ambil mushaf dan tilawah sebanyak2 nya sampe si bayi lahir….In syaa Allah lancar..
Apa langkah yg harus dilakukan oleh muslimah untuk mempersiapkan diri menjadi madrasah sekolah yg terbaik?
Pertama….

Yuk cari jodoh yg sholih.
Allah berfirman QS.An- Nur 26 ” Perempuan yg keji adalah untuk laki2 yg keji. Dan laki2 yg keji untuk perempuan yg keji pula. Perempuan yg baik adalah untuk laki2 yg baik. Dan laki2 yg baik untuk perempuan yg baik pula ” .
Inilah salah satu rahasia jodoh . Sayyid Qutb menjelaskan hal ini dalam QS. An nur 26 sbg keadilan Allah dalam pilihanNya.
Dalam tafsir fi dzilalil qur an  ” bersatunya jiwa yg buruk dg jiwa yg buruk. Dan jiwa yg baik dg jiwa yg baik” .
Jodoh kita sekarang adalah cerminan doa2 kita di masa lalu…doa2 itulah yg sekarang akan mengiringi kehidupan berkeluarga dg pasangan yg telah Allah sandingkan untuk bersama2 menjalankan visi misi hingga tujuan akhir tercapai sampai di jannahNya…Aamiiiiiin…

Yang kedua….

Mencari model pribadi dan keluarga Qur ani.
Dalam QS. Ali imron : 33- 34.

 Siapakah model yg akan kita jadikan contoh dalam membentuk pribadi qur ani dan keluarga Rabbani? Jawabnya adalah Muhammad SAW…..disamping ada nabi2 dari nabi Adam AS. Nabi ibrohim AS..Atau keluarga imron dan keluarga lukman …
QS. Al imron : 35

” ingatlah ketika istri imron berkata ya Tuhanku , sesungguhnya aku bernadzar kepadaMu , apabila janin yg dalam kandunganku kelak menjadi hamba Allah yg mengabdi kepadaMu , maka terimalah nadzar itu dariku . Sungguh Engkaulah yg Maha Mendengar Maha Mengetahui ” .
Lihatlah perempuan sekualitas hawa mendapatkan jodoh sekualiats adam…perempuan setegar hajar mendapatkan jodoh setegar Ibrahim….perempuan secerdas aisyah mendapatkan jodoh laki2 secerdas Muhammad Rasulullah SAW…perempuan sehebat fatimah mendapatkan jodoh laki2 sehebat Ali bin Abi tholib…
Itulah doa2 wanita sholihah pribadi2 qur ani yg melahirkan dzurriyyah Rabbani…
Yang ketiga…….

Jadikan Al qur an sebagai sahabat .
Ketaqwaan dan keimanan adalah modal utama yg harus dimiliki oleh seorang ibu…..Allah berikan waktu yg sama kepada seluruh wanita selama 24 jam untuk menyelesaikan aktifitasnya.

Ada yg mampu dan bertambah kebaikan2nya, ada pula yg tdk mampu dan bahkan dalam kerugian.

QS. Al Ashr: 1-3 
Modal terpenting ibu sholihah

1. Bangunnya adalah saat waktu2 berkualitas diawali dg tahajjud dan tilawah qur an.

2. Lisannnya selalu berzikir hingga menjadikan hatinya tenang.

3. Hatinya Selalu bersama ALLAH dengan beristigfar .
Yg keempat….

Jaga diri dan keluarga dari api neraka QS. At takhrim : 6
Mulailah dari diri sendiri agar selalu dekat dan berinteraksi dg Al Quran  .In syaa Allah anak2 suami dan keluarga juga akan dekat dg Al qur an.
Biasakan dalam keluarga selalu menjaga tilawah dan memperdengarkan ayat2 al qur an , In syaa Allah seluruh anggota keluarga pun akan terbiasa untuk membaca Al qur an.
Karena Al qur an lah kelak yang akan menjadi penolong di hari kiamat..
Ini adalah kesempatan terbaik untuk mewujudkan mimpi besar menjadi pribadi qur ani dg melahirkan generasi2 Rabbani yang tentu menjadi harapan setiap muslim muslimah agar kelak menempati surga yg paling tinggi karena alqur an itu sendiri
Allahummaj’ alil qur aanal ‘ adzima robii’a quluubina  wanuuro shuduurina  wajala a ahzaanina wa dzahaba ghumuumina wa humuumina..aamiin..
 Allahu A’ lam..
 Balikpapan ” Nur Fasikhah”

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s